Bersihkan Kompor Gas Anda dengan Cara Ini, Dijamin Akan Awet dan Tahan Lama!

0
45

Memenuhi kebutuhan makan seluruh keluarga tentu akan lebih hemat ketika melakukannya dengan memasak. Tentunya jika memasak, maka api jadi hal yang sangat penting. Ya, jika dulu untuk memasak susah payah menggunakan kayu, kemudian ganti menggunakan kompor minyak namun kini kian mudah semenjak ada kompor gas. Kompor yang satu ini menggunakan bahan gas sebagai tenaganya yang bisa keluarkan api. Cukup dipasang ke tabung gas, lalu dinyalakan, maka api biru sudah bisa menyala langsung.

 

Saat ini merk kompor di pasaran sudah banyak sekali. Bahkan tak hanya beli di toko biasa atau pasar saja karena beli kompor pun urusannya bisa dilakukan dengan cara online. Beberapa merk yang bisa Anda jadikan pilihan misalnya merk kompor Rinnai. Banyak yang menyebut jika Rinnai merupakan ahlinya untuk permasalahan kompor. Tak hanya sekedar sediakan kompor dengan satu atau dua tungku saja, namun Rinnai juga produksi kompor dengan banyak fungsi masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain Rinnai, ada juga merk kompor Quantum dimana merupakan merk kompor yang sudah memiliki standar SNI sehingga sangat aman dipakai.

 

Rekomendasi merk kompor lain yang bisa juga jadi pilihan misalnya merk Kirin dimana merupakan merk kompor yang berkualitas tinggi dengan fitur yang beragam. Kirin juga aman untuk dipakai sehingga pastinya tak akan membuat Anda khawatir jadinya. Sanken juga punya kompor satu tungku, dua tungku dan ada juga kompor dengan tiga tungku. Sanken memiliki produk unggulan dengan teknologi berupa Blue Whirljet Technology di kompor produksi dari Sanken dimana apinya memutar sehingga mampu jadikan masakan lebih matang dalam waktu cepat dan merata kematangannya.

 

Bukan hanya membeli kompor gas saja yang patut untuk diketahui, namun Anda juga harus tahu bagaimana cara pembersihan kompor sehingga bisa awet ketika dipakai dan juga tahan lama yakni dengan cara:

 

  • Biasakan agar setelah seusai memasak, langsung lakukan pembersihan. Biasanya noda makanan akan banyak sekali menempel di kompor sehingga mengganggu. Untuk menghindari kemungkinan menjadi kotor, maka lakukan pembersihan dengan lap basah jika masak sudah usai.
  • Tak hanya di bagian atas kompor saja, namun pembersihan juga harus menyeluruh dengan dibersihkan hingga bagian bawah di tungku kompornya. Tentunya ada banyak sekali bekas noda di ragam masakan. Untuk pembersihan keseluruhan, maka dibutuhkan pembongkaran dimana bagian penutupnya dibuka sehingga pembersihan bisa lebih keseluruhan.
  • Pembersihan tentu bukan hanya dari kompornya saja melainkan Anda juga harus membersihkan bagian selang yang terhubung dikompornya. Selang kompor tentu memiliki fungsi dan peran penting sehingga kompor bisa bekerja maksimal agar bisa jadi sumber apinya nanti. Namun jangan membersihkan selang saat masih menempel di kompor dan regulator melainkan harus dilepas lebih dulu.
  • Jangan lupa untuk selalu lakukan pengecekan di bagian regulator sehingga bisa diatur dalam hal tekanan gas dari bagian tabung LPG itu. Lakukan pengecekan ini rutin sehingga kebocoran gas lebih bisa diantisipasi karena kadang kecelakaan terjadi karena pemasangan regulator yang kurang tepat.

 

Itulah beberapa cara pembersihan yang mudah dilakukan namun seringkali diabaikan. Tentunya dengan membersihkan kompor gas maka akan memberikan performa pada kompor dengan lebih baik. Kompor pun akan senantiasa awet dan tahan lama jika Anda rutin membersihkan dan merawatnya sehingga tak perlu terus menerus beli.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here