Tips Membuat Makanan Bayi 8 Bulan Sendiri di Rumah

0
45

Menaiki usia 8 bulan maka bayi mulai bisa mengambil sekaligus memasukkan makanan sendiri dalam mulutnya. Di usianya yang menuju 8 bulan, maka buah hati Anda sudah mulai mengkonsumsi makanan, oleh sebab itulah penting bagi Anda sebagai orang tua haruslah memperhatikan makanan bayi 8 bulan dengan sebaik mungkin, agar buah hati Anda tidak mengkonsumsi makanan yang salah. Untuk lebih amannya lagi, maka Anda dapat untuk membuatnya di rumah Anda sendiri.

 

Anda sebagai orang tua pun juga dapat untuk mempersiapkan makanan kecil sebagai cemilan untuk buah hati Anda. Akan tetapi pastikan bahwa Anda tidak memberikan jenis makanan yang salah atau tidak jenis makanan yang sembarangan agar kesehatan buah hati Anda tidak terganggu. Makanan memang faktor penting yang akan membantu pertumbuhan dan perkembangan buah hati, oleh sebab itulah sebagai orang tua yang baik harus memperhatikan asupan makanan pada buah hatinya dengan teliti dan dengan sebaik mungkin.

 

Cara terbaik yang dapat untuk Anda lakukan dalam mempersiapkan makanan bayi 8 bulan yaitu dengan cara mengolahnya sendiri di dapur rumah kesayangan Anda sendiri, karena hal ini akan menjadikan diri Anda dapat memenuhi kebutuhan asupan makanan buah hati Anda dengan baik. Anda pun juga bisa untuk memenuhi segala asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bayi Anda. Jika Anda belum mengetahui tatacara dalam mempersiapkan makanan bayi Anda di rumah, maka Anda dapat untuk mengetahuinya melalui beberapa ulasan yang ada di bawah berikut.

 

Berikut ini cara membuat makanan bayi sendiri di rumah, yaitu:

 

  • Anda dapat menghaluskan buah-buahan dan sayuran kurang lebihnya ¾ sampai 1 cangkir untuk porsi bayi sekali makan.
  • Anda dapat untuk memotong buah dan sayuran seperti kentang, mangga, apel, dan pisang dengan ukuran yang kecil.
  • Jangan lupa untuk menambahkan protein pada makanan bayi, misalnya seperti: ikan tanpa tulang, daging potong, kacang, dan daging unggas. Untuk sekali makannya Anda dapat menambahkannya 3 hingga 4 sendok.
  • Anda juga dapat memberikan makanan sereal yang memiliki zat besi.
  • Tambahkan keju yang sudah dipotong kecil-kecil.
  • Anda juga bisa memberikan Kacang, makaroni dan lentil yang sudah matang.

 

Bayi yang berusia 8 bulan sudah bisa untuk mengkonsumsi makanan padat sampai dengan tiga kali dalam sehari. Jika hal ini memungkinkan, maka cobalah untuk memperkenalkan jenis makanan yang sama dalam 2-3 hari, akan tetapi apabila bayi sudah merasa bosan, maka Anda dapat untuk menggantinya, akan tetapi sebelum Anda mengganti jenis makanan yang lainnya, maka berilah kesempatan pada buah hati agar bisa merasakan rasa serta tekstur makanan yang Anda berikan.

 

Apabila Anda memberikan jenis makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan bayi, maka hal ini dapat memunculkan alergi yang dapat ditandai dengan diare, muntah, maupun mengalami ruam. Sedangkan jenis makanan yang sering kali memacu alergi yaitu seperti makanan yang berbahan dasar telur, Kedelai, gandum, susu, ikan, dan juga kacang-kacangan untuk mencegah terjadinya resiko botulisme, maka alangkah baiknya jika Anda tidak memberikan madu kepada buah hati Anda.

 

Ada baiknya jika Anda menggunakan buah dan sayur sesegera mungkin dari 1 hingga 2 hari setelah Anda melakukan pembeliannya. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dari makanan yang Anda konsumsi, dengan cara selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang makanan untuk buah hati Anda. Dengan begitu maka Anda dapat memberikan makanan bayi 8 bulan dengan asupan gizi dan nutrisi yang tercukupi.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here